DAKWAH DI PAPUA: DARI TOMBAK, SABUN, TOLIKARA, SAMPAI SEMEN RATUSAN RIBU PER ZAK

[Foto : Istimewa]
[Foto : Syafril Pink]

Pontianak - elMabda - Selama tiga hari berturut-turut, Da’i kawakan asal bumi Cendrawasih berkeliling tiga lokasi berbeda. Bermula dari Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, dilanjut Kota Singkawang, mulai dari hari minggu sampai rabu (30/8/15 – 2/9/15). Ustadz Fadhlan Garamathan, yang digelari Ustadz Sabun, secara khusus diundang Majelis Jejak Nabi Pontianak untuk membagi pengalamannya berdakwah di tempat kelahirannya; Papua.

Imej Ustadz Sabun melekat pada diri Fadhlan dikarenakan ia salah satu pendakwah yang menyebarkan Islam di Pedalaman Irian Jaya-dan atas izin Allah-ribuan penduduk tempatan menemukan cahaya Islam melalui perantaraannya. Da’i kelahiran Fak-fak menceritakan perjalanan panjang dalam menyebarkan Risalah Rasulullah SAW, menempuh jarak ribuan mill-dari Raja Ampat, sampai Manokwari, dari Jayapura, sampai Tolikara-membawa seperangkat alat mandi, termasuk sabun-yang diperuntukkan bagi masyarakat pedalaman yang diakui tidak pernah membersihkan diri.

Perjalanan sang Ustadz beserta sejumlah rekan diujicoba dengan berbagai rintangan. Penjara, luka tombak kepala suku telah dirasakan Da’i yang lama menempa Ilmu Agama di Makassar, Sulawesi selatan tersebut.

Patutlah kiranya, jika kita mendaras Daya Juang mereka dalam menyebarkan agama yang diridhai Allah ini. Segenap do’a dan bantuan materil, menjadi pantas guna memudahkan saudara-saudara kita dalam memenuhi hak-hak hidup mereka.

Alhamdulillah, puluhan juta rupiah telah berhasil dikumpulkan dari jamaah kepada panitia MJN Pontianak, kemudian diserahkan langsung kepada Ustadz Fadhlan. Tertangkaplah sebetik hikmah, mencuatnya isu Tolikara beberapa waktu lalu, seakan menciptakan butterfly effect bagi persatuan Islam Nusantara, bahkan dunia. Kabar terakhir, masjid yang dibakar itu direhap dengan ornamen yang lebih indah, menelan dana hingga 2,5 Milyar. Adalah wajar, karena di sana harga semen 1 zak dibuka mulai dari 750.000 rupiah!. (MJN/elM)

No comments

silahkan bergabung di sini..berbagi ilmu secara sopan dan penuh keakraban..