USTADZ SALIM : USWAH BERBEDA DENGAN IBRAH

Pontianak - elMabda - Di sela-sela ceramahnya, di masjid raya mujahidin pontianak, minggu (25/01/15), Ustadz Salim A. Fillah menjelaskan sebuah materi yang cukup mendalam khususnya terkait kepribadian Nabi Muhammad SAW. Da'i asal Jogjakarta ini memberikan selaman rohani kepada ratusan jamaah yang hadir, salah satu yang menjadi perhatian adalah bagaimana dirinya memaparkan perbedaan antara uswah dan ibrah.

"Terkhusus bagi Nabi Muhammad, Allah patutkan dalam dirinya tauladan atau uswah, sehingga siapapun yang mengikuti tindak-tanduknya akan bernilai pahala. Sedangkan Ibrah sendiri, merupakan pesan intisari dari kisah para nabi secara keseluruhan", ungkap ustadz Salim.

Kajian rutin bulanan pun terhenti hingga menjelang adzan maghrib. Namun sebelum forum berakhir, di penghujung penyampaiannya, ustadz penulis "Agar Bidadari Cemburu Padamu" ini mengutarakan sedikit pesan akan pentingnya memahami kedua perbedaan antar keduanya, mengingat sebagian kalangan cukup sering salah memaknainya.

"Jika seseorang memelihara jin dengan alasan meneladani Nabi Sulaiman as, atau membunuh anak kecil yang dicurigai akan menjadi penjahat, lantaran mencontoh perbuatan Nabi Khidir misalnya, hal ini sungguh tidak tepat, karena seorang mukmin hanya diperkenankan mengambil ibrah (pembelajaran) dari kisah-kisahnya bukan malah dijadikan uswah (contoh nyata), jadi jangan disalahartikan, tutur da'i 29 tahun disambut tawa ringan para jamaah. (Ip)

No comments

silahkan bergabung di sini..berbagi ilmu secara sopan dan penuh keakraban..