Kemuliaan Nisfu Sya'ban: Malaikat Berseru Memohonkan Ampunan.


Kemuliaan Nisfu Sya'ban: Malaikat Berseru Memohonkan Ampunan. 

Sambas, elmabda- Nisfu Sya'ban merupakan pertengahan bulan pada bulan Sya'ban, dimana bulan 1 Sya'ban 1444 H jatuh pada Rabu 22 Februari 2023 M.  Maka malam nisfu Sya'ban terjadi pada 15 Sya'ban 1444 dan bertepatan dengan 18 Maret 2023 M. `

Sebagaimana diketahui, Nisfu Sya'ban adalah salah satu hari istimewa. Itu sebabnya, mengapa bulan ini sangat dimuliakan oleh kaum muslim. Dikarenakan bulan Sya'ban merupakan mukaddimah bulan Ramadhan, yang dipercayai penuhi rahmat dan keberkahan bagi umat Islam dan diyakini semua dosa akan dihapus bagi orang yang memohon ampunan. oleh sebab itu, bagi kaum Islam dianjurkan memperbanyak amalan pada malam nisfu Sya'ban.

hal ini selaras dengan hadits Rasulullah saw, " Apabila tiba malam Nisfu Sya'ban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya" (H.R al-Baihaqi dalam Syu'aib al-Iman). Dilansir dari nuonline.id

Dijelaskan keistimewaan malam nisfu Sya'ban pada kitab Qalyubi wa 'Umairah:

 "Disunnahkan menghhidupkan malam hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha dengan berdzikir dan shalat. khususnya shalat tasbih. sekurang-kurangnya dalah mengerjakan shalat Isya berjamaah dan membulatkan tekad untuk shalat Subuh berjamaah. amalan ini juga baik dilakukan di malam nisfu Sya'ban, awal malam bulan Rajab dan malam Jum'at karena pada malam-malam tersebut doa dikabulkan.

salah satu amalan yang boleh dilakukan pada malam nisfu Sya'ban adalah membaca surat yasin tiga kali, disertai dengan bermunajat kepada Allah swt, memperbanyak doa.  terdapat tiga keutamaan dalam membaca surat yasin:

pertama, diniatkan untuk panjang umur. kedua, diniatkan untuk tolak bala dalam seumur hidup. ktiga, diniatkan minta kekayaan dan kecukupan selama hidup.

lanjut keesokan harinya di sunnahkan untuk berpuasa. sesuai sabda Rasulullah saw, 

"Apabila tiba malam nisfu Sya'ban, maka hidupkan malamnya dan berpuasalah di siang harinya"(H.R Ibnu Majah dalam as-Sunan dan al-Baihaqi dalam Syuab  al-Iman).

Sejatinya banyak amalan yang bisa dilakukan pada bulan yang mulia ini, untuk meningkatkan kualitas dan peningkatan keimanan pada Allah swt. 


penulis: Amel

editor: Danyip

No comments

silahkan bergabung di sini..berbagi ilmu secara sopan dan penuh keakraban..